Calon Pegawai Negeri Sipil

Sebanyak 251 pegawai tidak tetap (PPT) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dipastikan terangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Mereka dinyatakan lulus verifikasi berkas yang dilakukan akhir Desember lalu. pelantikan sebagai CPNS akan dilakukan Juni mendatang. Kepastian pengangkatan tersebut berdasarkan hasil pertemuan antara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan- RB) di Jakarta. Kepala BKD Sulsel A Murny Amien Suturu mengungkapkan, Kemenpan-RB rencananya akan mengeluarkan peraturan pemerintah (PP) tentang pengangkatan PTT paling lambat April mendatang.

“Sehingga dengan adanya PP tersebut,kita akan segera buatkan SK pengangkatan CPNS kepadaparaPPTkategoriI. Mereka akan mulai bertugas terhitung mulaitanggal(TMT) 1Juni2012,” ungkap AndiMurnydiKantorGubernur Sulsel kemarin. Sebelumnya,akhir 2011 lalu, Kemenpan-RBdanKemendagri mengumumkan sebanyak 251 honorer Kategori I di lingkup pemprov lulus menjadi CPNS. Mereka direncanakan akan mulai masuk masa kedinasan per 1 Januari 2012. Meski demikian, nomor induk pegawai (NIP) yang dijanjikan akan turun pada Desember lalu, hingga sekarang diterima oleh Pemprov Sulsel.

Murny mengatakan, setelah PTT kategori I tersebut selesai, pihaknya kemudian akan fokus pada menyelesaikan PTT kategori II yang jumlahnya mencapai 1.362 orang. Hanya saja, ribuan orang PTT yang berebut menjadi CPNS tersebut harus terlebihdahulu diverifikasi dan menjalani serangkaian ujian, layaknya penerimaan CPNS umum. Bagi mereka yang dinyatakan tidak lulus,masih diberikan kesempatan untuk melanjutkan kontraknya menjadi honorer di lingkup Pemprov Sulsel. “PTT kategori dua ini harus ikut ujian, dimana soalnya dibuat oleh perguruan tinggi negeri yang telah bekerjasama dengan BKN.Verifikasinya kita harapan selesai akhir tahun ini juga,”pungkas mantan Kepala BKPMD Sulsel ini.

Murny menambahkan, untuk tahun 2012 ini, pihaknya memastikan tidak akan ada penerimaan CPNS untuk kategori umum. Pemerintah pusat tahun ini memfokuskan untuk menyelesaikan honorer yang jumlahnya mencapai puluhan ribu di Tanah Air. “Tidak akan ada penerimaan CPNS umum tahun ini.Yang ada hanya PTT. 2012 ini kita hanya ditugaskan untuk menghitung berapa kekurangan dan jumlah pegawai ideal di setiap daerah untuk penerimaan tahun depan,”bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel A Muallim yang dikonfirmasi, mengaku belum menerima laporan resmi dari pemerintah pusat terkait pengangkatan PTT maupun penerimaan CPNS formasi khusus. “Sekarang kan moratorium. Kita diminta hitung kebutuhan PNS berapa di Sulsel, terus akan dianalisa secara nasional. Pengangkatan CPNS mendatang masih menunggu RUU Aparatur Sipil Negara,” bebernya kemarin.

Anda sedang membaca artikel Calon Pegawai Negeri Sipil dan artikel ini url permalinknya adalah http://bloger-sejati.blogspot.com/2012/03/calon-pegawai-negeri-sipil.html
Semoga artikel Calon Pegawai Negeri Sipil ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
Copyright © 2015 Blogger Sejati All Rights Reserved
Hari Agustomo Nugroho