DPR akan membentuk Panitia Khusus (Pansus)

DPR akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menelusuri proses pembelian pesawat Merpati MA60. Pembentukan Pansus ini akan segera dilakukan bila menteri terkait tidak memberikan keterangan secara jelas kepada Dewan.

"Jika jawaban menteri terkait yang akan dipanggil tidak memuaskan, DPR akan bentuk pansus yang khusus untuk menelisik mengenai masalah itu," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso kepada media saat acara The Gathering of Union Islammic World Stundents yang digelar PB HMI di gedung Universitas Club UGM, Yogyakarta, yang berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa.

Menurut Priyo, sebagai pimpinan DPR, dirinya akan mengajak pimpinan lain membuka ruang untuk menyoroti kasus ini. Meski demikian, Priyo sendiri enggan menyebut ada penyimpangan dalam pembelian 15 unit pesawat yang satu unitnya sekitar U$12 juta.

Bagaimana dengan rencana pembentukan Pansus? "Saya sendiri berpihak dalam posisi mengusulkan," ujar politisi yang juga salah satu Ketua DPP Partai Golkar ini.

Sebelumnya, Serikat Pekerja BUMN Bersatu melaporkan dugaan korupsi pengadaan pesawat MA-60 yang saat ini digunakan Merpati Nusantara Airlines ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami melaporkan dugaan mark up terhadap pengadaan pesawat MA 60 yang digunakan Merpati," kata Ketua Koordinator Serikat Buruh BUMN FX Arief Poyuono di Kantor KPK, Kamis 12 Mei 2011.

Sementara, Menteri BUMN Mustofa Abubakar sendiri sudah menjelaskan kronologi pengadaan pesawat. Pengadaan 15 pesawat produksi Xi'an Aircraft International Company (XAC) itu terdiri dari beberapa tahapan pengadaan mulai 2002 hingga selesai 2010. Demikian catatan online Blogger Sejati tentang DPR akan membentuk Panitia Khusus (Pansus).

Anda sedang membaca artikel DPR akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) dan artikel ini url permalinknya adalah http://bloger-sejati.blogspot.com/2011/05/dpr-akan-membentuk-panitia-khusus.html
Semoga artikel DPR akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) ini bisa bermanfaat.

0 komentar:

 
Copyright © 2015 Blogger Sejati All Rights Reserved
Hari Agustomo Nugroho